MUDAHNYA TERJERAT NII KW 9 AL ZAYTUN

September 11, 2008 at 2:12 pm Tinggalkan komentar

Kebenaran NII? Sebuah refleksi

Suatu kali gw diajak ma temen gw, cwe (jilbab), nganterin ketemu ma temannya, katanya, dah lama ngk ketemu ma dia. Krn dia temen gw, ikutlah gw menyertainya. Tibalah gw di sebuah rumah kontrakan. Suasana seperti layaknya rumah tinggal, ada tv ada meja, kursi dlll. Gw disuguhi minuman aer putih oleh seorang cwe. Tampaknya ramah. Akhirnya gw diketmuin ma temennya teman gw itu. Dia ngobrol panjang lebar.Ngakunya abis dari Malaysia ikut seminar tantang islam. Singkat cerita akhirnya gw diajak ke sebuah ruangan keci yg didalmnya ada sebuaht white board dan tidak lupa Quran terjemahan. Mulailah temannya teman gw ini, menuliskan dan berbicara panjang lebar ttg ISLAM. Dia mulai mebalikan paradigma gw, kalo gw tuch dah salah dalam memahami ISLAM selama ini,. Semua arg dah keliru. Krn ISLAM nggk ada tanpa NEGARA. Gw mulai mendebat dia. Terus terang gw nggk setuju ma pendapat nich org. Gw mulai nanya2, menyanggah dan mendebat. Blalalalalalalallala…. Wah, ternyata dia meyudahi pertemuan, ktnya dia ada perlu. Dan gw disurUh balik lagfi ma temen gw itu, cw (jilbab).

Gw pun kembali berdua lagi. Di pertemuan kedua ini gw mulai kembali mendebat temannya teman gw ini. Hingga pd suatu titik dia bilang ke gw, “di Qurabn dah bilang kyk gini kok masih disangkal jg”. Dari sini gwe tahu bahwa dia dah mulai kalang kabut ma deretan sanggahan yg gw berikan. Tapi bagi gw sederhana aja, Quran adalah Quran, dia Suci. Tpi pemahaman orang ttg Quran sama sekali nggk suci, bias didebat atau dibongkar kapan saja!

Knp byk yg ikut NII?

Dari pengamatan gw, teman gw 2 org cwek (jilbab) yg dari SMA dah aktip bgt ma risma (remaja mesjid) turut jg tersihir ma NII. Gw sempet bertanya-tanya. Dari sini gw berkesimpulan bahwa pengetahuan agama yg cukup nggk ngejamin orgn itu bkl bisa ngelawan argumen2 NII. Buktinya ke 2 temen gw itu mash mau aj ikut NII. Disinilah gw mulai berpikir, menurut gw, org2 yg masuk NII itu krn dia nggk punya keberanian tuk mengajukan pendapatnya. Meskipun tuc org pny pengetahuan agama seabrek-abrek tp kalo nggk berani ngomong ttp aja gkngefek. Dan inilah yg terjadi ma mereka. Lagian juga, pintarnya NII adalah menyajikan ayat2 Quran yg tampaknya logis padahal sama sekali nggk logis malah cenderung bodoh dan nggk berisi. Trus jg NII melibat tekanan psikologhis kpd calon korban melalui org yg ngebawa korban. Org ini ngakunya nggk tahu ttg NII atao apalah itu.

Nah, dati sini bisa diringkas bahwa ada paling tdk bbrp penyebab mengapa org2 bs masuk NII;
1. Nggk punya keberanian tuk ngungkapin pendapat (nggk brani debat)
2. Posisi NII yg menepatkan dirinya layaknya org yg ahli dlm bidang agama (posisi antara yg tilawah dan yg ditilawahi timpang)
3. Tekanan psikologis melalui org ketiga.

SOlusi

Solusi yg bisa gw berikan sebenarnya sederhana ykni DESAKRALISASI. Sebagaimana yg tlh diketahui NII sgt mngandalkan ragumen yg didasarkan pda ayat2 Quran. Nah, dititik inilah yg mesti diperhjatikan. Jika kita hanya berdiam diri dan bersetuju dgn argument mereka krn mereka make ayat Quran maka kita akan terjebak dan berpikir, “wah NII benar krn pke ayat2 Quran”. Ini yg berbehaya menurut gw, krn bagi gw Quran adalah Quran, dia Suci. Tpi pemahaman orang ttg Quran sama sekali nggk suci, bias didebat atau dibongkar kapan saja! Nah, disini berate yg tadinya menganggap bahwa pemahaman orang ttg Quran itu sacral/suci bagi gw
tdkn sama sekali. Disnilah DESAKRALISASI itu. Pemahaman orang terhadap Quran nggk suci sama sekali, dia bisa didebat, dibongkar sdan dikuliti.

Jika kita sdh memiliki konsep DESAKRALISASI ini maka kita bisa mengatasi tiga hal yg bisa bikin org masuk NII. Krn toh, mereka (NII) sama2 manusia dgn kita, kemampun mereka bhkan belum tentu lebih tinggi dari kita. Jadi ya berani aj lawan. Krn semua itu nggk SUCI. DESAKRALISASI menjadi kunci.

Pengalaman nyata di milis / situs Mantan NII KW 9 AL Zaytun :
http://groups.yahoo.com/group/anti_nii_kw9/message/

Iklan

Entry filed under: Uncategorized.

Ikatan Keluarga Besar Alumni Al-Zaytun Metro TV Membongkar Kedok NII KW 9

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 563,792 hits
September 2008
S S R K J S M
« Agu   Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Flickr Photos


%d blogger menyukai ini: